PRATIWI, SUSI ANGGUN (2022) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X (Studi Korelasi Di Kelas X Di Ma Miftahul Huda Rawalo Banyumas Tahun 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SUSI.pdf Download (49kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (171kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (65kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK SUSI ANGGUN PRATIWI 2022. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X (Studi Korelasi Di Kelas X MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas X MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2021 sampai April 2022 di MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas. Dengan menggunakan metode penelitian asosiatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA, sample diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu jumlah sample mewakili populasi yang berjumlah 40 orang, instrumen penelitian yang digunkana berupa angket kuesioner komunikasi interpersonal berjumlah 26 butir pernyataan dan kuesioner motivasi belajar berjumlah 30 butir pernyataan. Teknik pengolahan data menggunakan adalah uji Correlation Pearson dengan tingkat signifikan ( α ) = 0,05. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan terdapat hubungan anatara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar pada mata pelajaran biologi di kelas X MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas dengan nilai r = 0,639 yang artinya dapat dikategorikan sebagai hubungan yang kuat. Kemampuan komunikasi interpersonal memiliki hubungan sebesar 40,9 % terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi. Dengan garis regresi Y’ = 12.928 + 1.010(X) yang memiliki korelasi kearah positif, sehingga semakin besar komunikasi interpersonalnya maka semakin besar pula motivasi belajarnya pada pembelajaran biologi. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Pembelajaran Biologi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7338 |
Actions (login required)
View Item |