PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C (Penelitian Tindakan Kelas pada Warga Belajar Kelas XII Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cerdik Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya)

KARLIANAH, LIA (2018) PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN PAKET C (Penelitian Tindakan Kelas pada Warga Belajar Kelas XII Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cerdik Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI LIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 1x pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing 2 x 45 menit. Subjek penelitian ini adalah warga belajar kelas XII yang berjumlah 12 warga belajar. Tempat penelitian ini dilaksanakan di PKBM Cerdik Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes. Proses penelitian dilakukan yang dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran tutor sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator proses belajar yang mengalami peningkatan dari nilai yang diperoleh dari rata-rata proses belajar siklus satu dengan nilai 74 sedangkan siklus dua 78. Hasil belajar yang diperoleh warga belajar dari siklus satu dan siklus dua mengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh nilai pada siklus satu 80 dan siklus dua 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dari segi proses belajar dan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Tutor Sebaya, Proses Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:48
Last Modified: 04 Sep 2019 02:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item