PENGGUNAAN MEDIA FILM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERISTIWA KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022

NABILA, AJENG VANNY MAULIDA (2022) PENGGUNAAN MEDIA FILM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PERISTIWA KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

ABSTRAK Ajeng Vanny Maulida Nabila. 182171020. Penggunaan Media Film pada Pembelajaran Sejarah Materi Peristiwa Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/ 2022 Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan film berjudul “Perburuan” sebagai media pembelajaran sejarah materi Peristiwa Kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Tasikmalaya pada Semester Genap Tahun Ajaran 2021/ 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa guru melakukan berbagai persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Film “Perburuan” digunakan sebagai media pembelajaran sejarah yang dilaksanakan sesuai sintaks model Discovery Learning. Penggunaan media film “Perburuan” memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan kegiatan untuk mencari informasi, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data, melakukan pembuktian dan melakukan penarikan kesimpulan serta menjadikan penggunaan media film sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menambah imajinasi dan peserta didik menjadi lebih interaktif dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Media Film, Film Sejarah, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Nov 2022 00:25
Last Modified: 05 Nov 2022 00:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7211

Actions (login required)

View Item View Item