PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sa Al-Falah Pancatengah Tahun Ajaran 2021/2022)

Istikomah, Indah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA YANG DIBACA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sa Al-Falah Pancatengah Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. Pernyataan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. kata pengantar.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. daftar tabel.pdf

Download (186kB)
[img] Text
8. daftar diagram.pdf

Download (183kB)
[img] Text
9. daftar lampiran.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Istikomah 2022. Penerapan Model Penerapan Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur dan Menyimpulkan Isi Teks Berita yang Dibaca (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Sa Al-Falah Pancatengah Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi, kompetensi dasar mengidentifikasi unsur�unsur dan menyimpulkan isi teks berita yang dibaca merupakan salah satu pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Salah satu upaya untuk peserta didik mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat dan variatif. Penulis melaksanakan penelitian ini dengan metode penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita yang dibaca pada peserta didik kelas VIII MTs Sa Al-Falah Pancatengah tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pengolahan data yang digunakan mengacu pada cara-cara mengolah data penelitian kualitatif, statistika deskriptif, uji normalitas, dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil perolehan data pada siklus kesatu KD 3.1, Peserta didik yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 9 orang (47,3%), dan 10 orang (52,6%) peserta didik sudah mencapai nilai KKM. Sedangkan pada kompetensi dasar (KD) 4.1 peserta didik yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 17 orang (18,4%) dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 2 orang (10,5%). Pada siklus kedua, perolehan data KD 3.1 semua peserta didik sebanyak 19 orang (100%) sudah mencapai nilai KKM , dan pada kompetensi dasar (KD) 4.1 semua peserta didik sebanyak 19 orang (100%) sudah mencapai nilai KKM sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan. Hipotesis tindakan yang penulis rumuskan dapat dibuktikan keberhasilannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Nov 2022 00:24
Last Modified: 05 Nov 2022 00:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item