HIDAYAH, NABILAH SAIDAH NURUL (2022) PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. AHMAD SANUSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI PERAN TOKOH PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (147kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (155kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (245kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
Abstract
ABSTRAK NABILAH. 2022. PENGGUNAAN BIOGRAFI K.H. AHMAD SANUSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MATERI PERAN TOKOH PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 KOTA SUKABUMI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penggunaan biografi K.H. Ahmad Sanusi sebagai sumber belajar sejarah materi Peran Tokoh Proklamasi di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tahun ajaran 2021/ 2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan setting naturalistik yang diuraikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif menggunakan pedoman berupa lembar observasi, wawancara terstruktur menggunakan pedoman wawancara yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan pada saat wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Kota Sukabumi dan guru mata pelajaran sejarah. Sedangkan objek penelitian ini yaitu penggunaan biografi K.H. Ahmad Sanusi sebagai sumber belajar sejarah. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman, berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, pada tahap perencanaan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada tahap pelaksanaan guru menyajikan materi Peran Tokoh Proklamasi menggunakan metode ceramah dan diskusi melalui media google meeting dan menggunakan media power point. Terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran sejarah menggunakan biografi K.H. Ahmad Sanusi, guru kesulitan menentukan sumber belajar dan membaca serta memahami sumber belajar yang akan disampaikan kepada peserta didik, peserta didik mengalami keterbatasan dalam sumber belajar atau referensi mengenai Biografi K.H. Ahmad Sanusi. Solusi yang dilakukan oleh Guru adalah menggunakan perencanaan dan persiapan pembelajaran yang baik. Guru menentukan metode, media, dan sumber belajar yang tepat bagi peserta didik untuk digunakan pada pembelajaran jarak jauh. Metode ceramah dan diskusi serta penugasan kepada peserta didik dapat membantu peserta didik untuk terlibat dalam mencari informasi dan pengalaman. Kata Kunci: Biografi, K.H. Ahmad Sanusi, Sumber Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:27 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7179 |
Actions (login required)
View Item |