PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Anak Didik Kelompok A1 Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum Desa Sukarapih Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya)

HALIMAH, EMA (2016) PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Anak Didik Kelompok A1 Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum Desa Sukarapih Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (295kB)
[img] Text
10. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text
11. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
12. Bab V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak dikarenakan kurangnya penerapan metode yang tepat dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk mengetahui penerapan permainan kartu huruf bergambar dan pengaruhnya pada peningkatan kemampuan membaca di Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf bergambar di Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum ?, 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan penerapan permainan kartu huruf bergambar di Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf bergambar serta mengetahui besarnya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui kartu huruf bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya, dengan subyek penelitian anak didik kelompok A1 Taman Kanak-kanak Bahrul Ulum Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 15 orang. Data tentang kemampuan membaca permulaan dalam pembelajaran diperoleh dari lembaran observasi yang dianalisis dengan persentase, untuk pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kartu huruf bergambar berpengaruh pada peningkatan kemampuan membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan pada pra tindakan sebesar 26,25%, meningkat pada siklus 1 menjadi 55,72% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus 2 mencapai 78,47%. Kata kunci : penerapan permainan, kemampuan membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:41
Last Modified: 04 Sep 2019 02:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item