FASYA, MUHAMAD FACHRI (2022) PERAN GENDER PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DI KOTA TASIKMALAYA (Studi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan di Kota Tasikmalaya Tahun 2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (37kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
4. MOTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (91kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text
6.KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBARpdf.pdf Download (125kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMAD FACHRI FASYA 2022. PERAN GENDER PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DI KOTA TASIKMALAYA (STUDI PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DI KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Seiring dengan pesatnya perkembangan sektor dunia usaha berbagai Organisasi masyarakat dan dunia pendidikan berupaya meningkatkan peranan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lembaga Kursus dan Pelatihan yang ada di kota Tasikmalaya yang bekerja pada sektor pendidikan nonformal dalam hal ini di Lembaga Kursus dan Pelatihan yang penulis teliti baik sebagai pengelola, instruktur, bahkan pimpinan ditinjau dari peran gender bahwa perempuan lebih berperan dibanding laki-laki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran gender pada lembaga kursus dan pelatihan di kota tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan melalui pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran gender pada Lembaga Kursus dan Pelatihan bahwa perempuan sangat mendomnasi pada pengelolaan dan kegiatan Lembaga Kursus dan Pelatihan yang ditunjukan baik dalam peran kegiatan, program, kepengurusan maupun dalam kegiatan pelaksanaan program lebih ke arah keterampilan bagi perempuan begitu pun peserta didik yang mengikuti pelaksanaan kegiatan yang ada di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Simpulan bahwa banyak perempuan yang bekerja di LKP tidak hanya di ruang domestik, tapi juga di ruang publik salah satunya di LKP sebagai sebuah Lembaga profit dan nonprofit memberikan jadwal kerja yang fleksibel sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi perempuan dan peran perempuan ditentukan oleh dirinya sendiri sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kata Kunci: Gender, kesetaraan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:46 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7163 |
Actions (login required)
View Item |