PRATIWI, SALMA (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (85kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (155kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (23kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN.pdf Download (273kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK SALMA PRATIWI. 2022. Analisis Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut Florence Littauer. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun datar ditinjau dari tipe kepribadian menurut Florence Littauer yaitu koleris, sanguinis, melankolis, dan phlegmatis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan think aloud methods dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Tasikmalaya. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif, angket tipe kepribadian dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif dan angket tipe kepribadian. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive yaitu empat peserta didik terpilih yang dianggap paling memenuhi berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Peserta didik bertipe kepribadian koleris pada proses berpikir kreatif hanya mampu menyelesaikan masalah sampai tahap iluminasi. (2) Peserta didik bertipe kepribadian sanguinis sudah dapat melewati semua tahapan proses berpikir kreatif dengan lengkap. (3) Peserta didik bertipe kepribadian melankolis pada proses berpikir kreatif belum dapat memenuhi tahap verifikasi dengan lengkap. (4) Peserta didik bertipe kepribadian phlegmatis pada tahap iluminasi dan tahap verifikasi belum dapat memenuhi proses berpikir kreatif dengan lengkap. Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, Tipe Kepribadian
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 00:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 00:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7152 |
Actions (login required)
View Item |