PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA GURU SMK NURUSALAM SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA

TAUFIK, RIFAT (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA GURU SMK NURUSALAM SALOPA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RIFAT TAUFIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RIFAT TAUFIK (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektifitas Kerja Guru SMK Nurusalam Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Jusuf Anwar, M.Pd dan Syamsudin Arnasik, M.Pd. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah SMK Nurusalam Salopa Tasikmalaya, untuk mengetahui pembentukan efektifitas kerja guru SMK Nurusalam Salopa Tasikmalaya untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pengembangan efektifitas kerja guru SMK Nurusalam Salopa Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan penelitian lapangan yang dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket, yang menjadi populasi adalah seluruh tenaga pendidik SMK Nurusalam Salopa Tasikmalaya yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi diperoleh persamaan ̂ = 56,38+ 0,49X, ini berarti kepemimpinan kepala sekolah dan efektifitas kerja guru memiliki pengaruh yang positif, hal ini berarti penerapan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap efektifitas kerja guru, berarti penerapan kepemimpinan kepala sekolah selama ini berpengaruh kepada pengembangan efektifitas kerja guru sebesar 0,49 kali. Dari hasil perhitungan koefisiensi korelasi (r) diperoleh hasil sebesar 0,54 artinya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan cukup sedang terhadap pengembangan efektifitas kerja guru. Penelitian koefeisisn determinasi diperoleh hasil sebesar 29,16% yang menunjukkan bahwa efektifitas kerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan sisanya sebesar 70,84% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yaitu karakteristik organisasi, karakteristik lingkungan, karakteristik guru, karakteristik kebijakan dan lain. Uji hepotesis pada α = 0,005 dan dk=34 diperoleh nilai thitung sebesar 3,74 dan ttabel sebesar 1,68. Dengan demikian bahwa “kepemimpinan kepala sekolah cukup berpengaruh terhadap pengembangan efektifitas kerja guru”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:32
Last Modified: 02 Nov 2022 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7138

Actions (login required)

View Item View Item