FAUZIAH, NALA SIPA (2022) PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (163kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (834kB) |
|
Text
surat pernyataan.pdf Download (737kB) |
|
Text
surat keterangan .pdf Download (820kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (171kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
daftar gambar.pdf Download (613kB) |
|
Text
daftar tabel .pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
Text
BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text
Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK NALA SIPA FAUZIAH. 2022. PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU MATEMATIKA DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan peserta didik pada materi aljabar dan profil pedagogical content knowledge (PCK) guru matematika dalam mengatasi kesulitan peserta didik pada materi Aljabar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes diagnostik, vignette, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu soal tes diagnostik, persoalan vignette, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII C sebanyak 21 orang dan 3 guru matematika yang mengajar dikelas VII. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada materi aljabar masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan. Kesulitan-kesulitan tersebut yaitu meliputi kesulitan dalam mengenal konsep aljabar, kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur aljabar, kesulitan dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabr, kesulitan dalam operasi perkalian bentuk aljabar, kesulitan dalam operasi pembagian bentuk aljabar dan kesulitan dalam membuat model aljabar dari masalah nyata. Adapun hasil untuk kemampuan PCK guru matematika dalam mengatasi kesulitan peserta didik yaitu untuk kemampuan PCK subjek 1 dan subjek 2 masih belum bisa mengidentifikasi semua kesulitan peserta didik, masih belum bisa mengungkapkan semua faktor penyebab kesulitan peserta didik dan dalam cara mengatasi kesulitan peserta didik masih terbatas pada menjelaskan kembali dan memberikan latihan, tanpa berusaha untuk mengubah suasana belajar agar peserta didik termotivasi untuk belajar. Kemampuan PCK S3 dalam mengatasi kesulitan peserta didik sudah bisa mengidentifikasi semua kesulitan peserta didik, sudah bisa mengungkapkan semua faktor penyebab kesulitan peserta didik dan dalam cara mengatasi kesulitan peserta didik tidak terbatas pada menjelaskan kembali materi dan memberikan latihan tetapi berusaha untuk membuat peserta didik mau dan termotivasi untuk belajar. Kata kunci: PCK, Guru Matematika, Kesulitan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7133 |
Actions (login required)
View Item |