HARIYANTI, MARA (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
LEMBARAN PENGESAHAN.pdf Download (385kB) |
|
Text
pernyataan.pdf Download (333kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
PENGANTAR.pdf Download (324kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mara Hariyanti, 2021, Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya 2020/2021. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia 3.5 Mengidentifikasi teks prosedur dan 4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur merupakan Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) dari standar KKB yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan kemampuan struktur (tujuan, langkah-langkah, penutup) dan kaidah kebahasaan (kalimat perintah, kalimat saran, kata yang menyatakan urutan, konjungsi, adverbial, dan kata yang menunjukan ukuran) teks prosedur dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis penelitian ini dapat dibuktikan dengan kebenaran dengan melihat nilai hasil belajar siswa pada siklus kesatu masih ada sebagian peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi struktur dan kebahasaan serta menyimpulkan isi teks prosedur dengan tepat, pada siklus kesatu sebanyak 13 peserta didik (65%) yang belum mencapai KKB dan sisanya 7 peserta didik (35%). Pada siklus kedua 20 peserta didik (100%) sudah mencapai KKB dalam mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan serta menyimpulkan isi teks prosedur. Hal diatas menunjukan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Artinya, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII MTs Riyadlushorfiyah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7125 |
Actions (login required)
View Item |