IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY USING COOPERATIVE LEARNING MODEL, NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TYPE (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade of IPA.1 SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya)

RIDWAN, ASEP (2011) IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY USING COOPERATIVE LEARNING MODEL, NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TYPE (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade of IPA.1 SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER THESIS .pdf

Download (133kB)
[img] Text
Preface.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Table of Contents.pdf

Download (313kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
Bibliographi.pdf

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK ASEP RIDWAN. 2010. Improing Students’ Vocabulary Mastery Using Cooperative Learning Number Head Together (NHT) Type. (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade of IPA.1 SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kualitas pendidikan di sekolah sangat berpengaruih terhadap siswa, terutama kualitas proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan inovatif. Kondisi pembelajaran tersebut dapat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa termasuk di sekolah menengah atas. Peranan guru menjadi salah satu komponen penting dalam keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar terutama aktivitas dan kerja sama siswa dalam belajar adalah guru menggunakan model pembelajaran yang dapat merangsang aktivitas belajar siswa, metode pembelajaran yang bervariasi atau melalui pendekatan pembelajaran secara konkret. Dengan pendekatan seperti itu, siswa akan termotivasi dan lebih aktif melakukan proses belajar. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang terdapat pada pre-obserasi yang d lakukan oleh peneliti, siswa belum dapat mencapai kriteria ketuntasan nilai/ batas lulus nilai terutama di sekolah menengah pertama. Hal ini diduga penyebab kesulitan belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris bukan hanya terletak pada materi pembelajaran yang terlalu sukar, tetapi berkaitan erat pula dengan rendahnya aktivitas, keantusiasan, ketertiban serta kerja sama siswa dalam belajar. Rendahnya aktivitas proses dan hasil belajar siswa terbukti dengan terdapat sejumlah siswa yang kurang merespon atau kurang memperhatikan materi serta penjelasan yang disampaikan guru, mengobrol, melamun dan tidur di dalam kelas. Sehingga diperoleh hasil belajar yang rendah. Bertitik tolak dari kondisi di atas, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengunakan Cooperative Learning Model Number Head Together (NHT) Type dalam peningkatan kosakata siswa. Berdasarkan dari hasil analisis data, dapat diketahui bahwa penguasaan kosakata siswa terutama kosakata bahasa inggris mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap observasi yaitu 63,50 menjadi 63,75 pada siklus I, 79,25 pada siklus II dan 89,25 pada siklus III. Sedangkan pencapaian persentase nilai siswa yang melebihi criteria penelitian pada tiap tahapan yaitu: 37,5%, 45,25%, 80% dan 100%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Cooperative Learning Model Number Head Together (NHT) type dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa terutama kosakata bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Oct 2022 00:35
Last Modified: 31 Oct 2022 00:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item