PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Muawanah Cisayong Tahun Ajaran 2019/2020)

Winari, Dita Mustika (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII di MTs Muawanah Cisayong Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Dita Mustika Winari026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dita Mustika Winari. 2020. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA, GAGASAN, KESAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta Didik Kelas VII MTs Muawanah Cisayong Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievment Division meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data,gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VII- MTs Muawanah Cisayong tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII- MTs Muawanah Cisayong tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.2 menelaah struktur dan kaidah kebahasaan masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKB yaitu berjumlah 12 orang (37%) sementara pada aspek keterampilan 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi peserta didik yang belum mencapai KKB yaitu berjumlah 10 orang (31%) dan dilanjutkan dengan siklus kedua ternyata mengalami peningkatan pada KD menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKB sebanyak 32 orang atau (100%). Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada pada peserta didik kelas VII MTs Muawanah Cisayong tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:37
Last Modified: 27 Oct 2022 08:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7054

Actions (login required)

View Item View Item