KORELASI ANTARA DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021)

WIJATI, WINDI (2021) KORELASI ANTARA DISPOSISI MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Windi Wijati_162151016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK WINDI WIJATI. 2021. Korelasi Antara Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2020/2021). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disposisi matematis peserta didik, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan korelasi antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatory. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya dan sampel diambil satu kelas secara acak yaitu kelas VIII-K sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengolahan data berupa penskoran angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis data deskriptif, uji prasyarat dengan uji normalitas, uji linearitas regresi dan signifikansi, serta uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa disposisi matematis peserta didik kelas VIII-K di SMP Negeri 13 Tasikmalaya dengan kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan persentase sebesar 20%, kategori sedang sebanyak 16 orang dengan persentase sebesar 64% dan kategori rendah sebanyak 4 orang dengan persentase sebesar 16%, artinya disposisi matematis peserta didik cenderung dalam kategori sedang, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII-K di SMP Negeri 13 Tasikmalaya rata-rata persentase hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik tiap langkah dengan persentase 40,33% berada pada interval 40% <

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:43
Last Modified: 26 Oct 2022 07:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7036

Actions (login required)

View Item View Item