ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF ESTEEM

YUSUF, RIZKY MAULDAN MUHAMMAD (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKY MAULDAN MUHAMMAD YUSUF_FINISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKY MAULDAN MUHAMMAD YUSUF. 2021. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz ditinjau dari self esteem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz, penyebaran angket self esteem dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematik, angket self esteem dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas X OTKP di SMK Islam Paniis. Penentuan subjek berdasarkan hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz yang mampu memenuhi tujuh tahapan kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz terlepas dari jawaban benar dan salah, memenuhi karakteristik dari self esteem tinggi dan self esteem rendah, dan dapat mempertanggungjawabkan pekerjaannya sehingga dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Teknis analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz, peserta didik dengan self esteem rendah memenuhi semua tahapan kemampuan pemecahan masalah matematik, tetapi pada tahapan generalisasi jawaban yang didapat tidak sama dengan jawaban sebelumnya. Peserta didik dengan self esteem rendah menunjukan mau mencoba, karena takut salah dalam memecahkan masalah matematik,berusaha fokus ketika memecahkan masalah matematik yang dihadapinya,cemas ketika salah dalam memecahkan masalah matematik, dan menunjukan dirinya melebih-lebihkan peristiwa kegagalan yang terjadi pada saat ini dan akan terulang lagi ketika dirinya dalam memecahkan masalah matematika yang lain. Dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz, peserta didik dengan self esteem tinggi memenuhi semua tahapan kemampuan pemecahan masalah matematik, pemecahan yang dilakukan sudah tepat tanpa ada kesalahan sedikitpun. Peserta didik dengan self esteem tinggi menunjukan dirinya berarti dengan dirinya ketika bisa memecahkan masalah matematik, menghormati setiap proses dalam memecahkan masalah matematik, mengembangkan cara berfikir untuk memperbaiki dirinya dalam memecahkan masalah matematik,dan dirinya tidak merasa pandai dan cukup dengan kemampuan yang dimilikinya, dan dirinya selalu menganggap bahwa kemampuan yang dimilikinya masih perlu dikembangkan lagi Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Self Esteem, Wankat dan Oreovocz

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:46
Last Modified: 26 Oct 2022 00:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7000

Actions (login required)

View Item View Item