EXPLORING ENGLISH PROGRAM CONDUCTED BY CENTRAL LANGUAGE IMPROVEMENT (CLI) IN AN ISLAMIC BOARDING SCHOOL AT TASIKMALAYA INDONESIA; A STUDY FROM AN ETHNOGRAPHIC PERSPECTIVE

Rahman, Azmi Zulfia (2022) EXPLORING ENGLISH PROGRAM CONDUCTED BY CENTRAL LANGUAGE IMPROVEMENT (CLI) IN AN ISLAMIC BOARDING SCHOOL AT TASIKMALAYA INDONESIA; A STUDY FROM AN ETHNOGRAPHIC PERSPECTIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
6. PREFAVE.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7.ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENS.pdf

Download (175kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK AZMI ZULFIA RAHMAN. 2021. Exploring English Program Conducting by Central Language Improvement (CLI) in an Islamic Boarding School at Tasikmalaya Indonesia; A Study from an Ethnographic Perspectives. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Saat ini, banyak pondok pesantren yang mewajibkan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Seperti salah satu pesantren yang terletak di Tasikmalaya menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Tetapi, karena kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris kurang memadai, maka pondok pesantren ini menyelenggarakan program untuk melatih bahasa Inggris siswa. Penelitian ini berfokus pada program bahasa Inggris yang ditinjau dari perspektif Etnografi untuk mengetahui deskripsi program secara lengkap sehingga dapat dijadikan contoh untuk pondok pesantren lain dalam merancang program sejenis. Penelitian ini menggunakan studi kasus etnografi sebagai metode penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara pertanyaan terbuka, dan dokumentasi. Terdapat tiga peserta yang terlibat dalam penelitian ini, mereka adalah siswa pengurus bahasa di pondok pesantren tersebut. Data analisis menggunakan Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan diadakannya program bahasa Inggris agar siswa mampu berbicara bahasa Inggris dalam konteks komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum pondok modern Gontor. Materi yang diberikan berdasar pada pelatihan berbicara bahasa Inggris siswa dalam kehidupan sehari-hari dengan penguasaan kosa kata melalui kegiatan; listening to a song, singing a song, conversation, daily vocabulary, giving idioms, giving slang language, correcting language, dan spelling bee. Pendekatan kontekstual digunakan dalam setiap kegiatan dengan menggunakan beberapa metode yaitu; task based learning, discussion dan direct method. Guru dan murid berperan penting dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Lingkungan berbahasa dikuatkan oleh aturan dan konsekuensi sehingga siswa mampu mengaplikasikan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari dengan baik. Pada akhirnya, para guru mengimplementasikan silabus, materi, dan metode dalam program bahasa Inggris dan memonitor praktik komunikasi bahasa Inggris siswa dengan memberi sanksi kepada siswa yang melanggar. Selain bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dipondok pesantren ini, bahasa Arab pula menjadi bahasa komunikasi yang bahkan lebih banyak diminati oleh siswa-siswi dipondok pesantren ini. Kata kunci: Program bahasa inggris, pondok pesantren, perspektif etnografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:30
Last Modified: 20 Oct 2022 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item