FITRIANI, RINA (2022) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Analisis di Kelas X MIPA SMAN 1 Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
3_PERNYATAAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf Download (14kB) |
|
Text
6-DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (255kB) |
|
Text
6-DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (255kB) |
|
Text
7_BAB 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
8_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
9_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
10_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
Abstract
ABSTRAK RINA FITRIANI. 2022. ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST (Studi Analisis di Kelas X MIPA SMAN 1 Ciamis). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Materi biologi terdapat banyak bahasa ilmiah, terkadang sulit untuk divisualisasikan, serta dianggap sesuatu yang menakutkan. Didalam kegiatan pembelajaran, peserta didik memiliki proses penerimaan materi biologi yang berbeda-beda, diantaranya belum memahami konsep, paham konsep, serta salah konsep (miskonsepsi). Miskonsepsi merupakan fenomena terbentuknya konsep baru yang salah akibat kesalahpahaman dalam memahami konsep yang sesuai dengan para ahli dibidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kategori miskonsepsi peserta didik pada materi virus. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di X MIPA SMAN 1 Ciamis dan sumber data dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa four-tier diagnostic test, wawancara semi terstruktur, dan observasi partisipasi pasif. Berdasarkan analisis profil miskonsepsi, hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata miskonsepsi yang dialami peserta didik termasuk ke dalam kategori rendah. Adapun 4 sumber miskonsepsi yang ditemukan pada penelitian ini yaitu guru, peserta didik, konteks dan buku. Kontribusi terbesar penyebab utama miskonsepsi ditemukan pada peserta didik itu sendiri. Kata Kunci : Miskonsepsi, Four-tier Diagnostic Test, Virus
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:33 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6922 |
Actions (login required)
View Item |