NURBAETI, NADHIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (Penelitian Tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP PUI Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER1.pdf Download (22kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (218kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN NADIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
Salah satu kompetisi dasar dan pembelajaran bahasa indonesia yang harus dikuasi oleh peserta didik kelas VII adalah menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas. Selain itu, permasalahan yang penulis dapatkan dari hasil wawancara dengan guru bahasa indonesia kelas VII di SMP PUI Tasikmalaya adalah masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surart pribadi dan surat dinas dengan sistematika dan kebahasaan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Script meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur kebahasaan dan menulis surat pribadi dan dinas dengan peserta didik kelas VII SMP PUI Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan proses hasil belajar. Pada siklus kesatu masih banyak peserta didik yang tidak aktif sebanyak 6 orang (24% dari 25 orang), yang tidak bersungguh-sungguh sebanyak 2 orang (8% dari 25 orang). Pada siklus kedua proses belajar menngalami perubahan, seluruh siswa aktif,bersungguh-sungguh, dan berpartisipasi. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siklus kesatu yakni peserta didik yang mencapai KKM pada kemampuan menelaah unsur-unsur dan kaidah kebahasaan surat pribadi dan dinas sebanyak 16 orang(64% dari 25 orang), sedangkan yang belum mampu sebanyak 9 orang (36% dari 25 orang). Pada kemampuan menulis surat pribadi dan dinas, peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 19 orang (76% dari 25 orang), sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 6 orang (24% dari 25 orang). Pada siklus kedua, terdapat peningkatan kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan seta menulis surat pribadi dan surat dinas. Semua peserta didik (100%) sudah mencapai nilai di atas KKM (75). Dengan kata lain, model pembelajaran Cooprative Script dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan dinas pada peserta didik kelas VII SMP PUI Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:29 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6907 |
Actions (login required)
View Item |