PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Experimen di Kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

RUKMANA, SISKA PERONIKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Experimen di Kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
02. SISKA LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
08 BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
09 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
010 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
011 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
012 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
013 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK SISKA PERONIKA RUKMANA 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran reading questioning and answering (RQA) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Mei 2019 di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya sebanyak 3 kelas dengan jumlah peserta didik 90, dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar peserta didik yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik berbentuk soal pilihan majemuk sebanyak 30 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji t, dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 (5%) Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran reading questioning and answering (RQA) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: hasil belajar kognitif, reading questioning and answering, keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:53
Last Modified: 13 Oct 2022 07:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item