DESCRIBING EXTENSIVE READING ACTIVITIES IN SCHOOL LITERACY MOVEMENT PROGRAMME: A CASE OF INDONESIAN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Isan, Yustina Nur (2020) DESCRIBING EXTENSIVE READING ACTIVITIES IN SCHOOL LITERACY MOVEMENT PROGRAMME: A CASE OF INDONESIAN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
YUSTINA NUR ISAN - 152122136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK YUSTINA NUR ISAN. 2020. "Describing Extensive Reading Activities in School Literacy Movement Programme: A Case of Indonesian Senior High School Students." Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini membahas kegiatan membaca ekstensif (ER) selama Gerakan Literasi Sekolah berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan membaca ekstensif selama Gerakan Literasi Sekolah, diantaranya siswa dibebaskan untuk memilih jenis bacaan yang akan mereka baca, dengan begitu siswa tidak merasa terpaksa untuk membaca selama kegiatan berlangsung. Dari bacaan yang siswa baca, siswa mendapatkan pengetahuan selain pesan moral dari bacaan, siswa juga melatih critical thinking mereka dan mendapatkan kosakata baru dari bacaan yang mereka baca selama kegiatan mambaca ekstensif berlangsung. Peserta dalam penelitian ini adalah salah tiga siswa sekolah menengah atas di salah satu sekolah kota Tasikmalaya. Sebuah studi kasus deskriptif digunakan sebagai desain penelitian untuk meninjau kegiatan membaca ekstensif siswa dalam konteks nyata selama kegiatan berlangsung. Data diperoleh melalui wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Ada tiga tema yang dapat menjawab pertanyaan penelitian yaitu apa kegiatan membaca ekstensif dalam program Gerakan Literasi Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan membaca ekstensif dalam Gerakan Literasi Sekolah menjadi program pemerintah yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam membaca. Kata Kunci: Membaca Ekstensif, Gerakan Literasi Sekolah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:39
Last Modified: 11 Oct 2022 04:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item