Anggraeni, Willy (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Muhammadiyyah Singaparna Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (372kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (422kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dan tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna.Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent conrtrol grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X sebanyak 68 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik yang digunakan adalah teknik Sampling Purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas Kontrol. Teknik analisis data menggunakan SPSS 23.0 dengan uji t dengan taraf nyata 0,05. Dari hasil penelitian maka dapat dibuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dibandingkan dengan model pembelajaran kovensional serta didapat pengaruh dengan menggunakan Effect Size sebesar 0,752. Kata Kunci : Think Pair Share, Kemampuan, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 03:56 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 03:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6837 |
Actions (login required)
View Item |