Nurazmi, Fani (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT DALAM BUKU “KOLEKSI HUMOR GUS DUR PALING NYELENEH” KARYA GUNTUR WIGUNA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (371kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (343kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (343kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (458kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (363kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (245kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (242kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (243kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
Abstract
ABSTRAK Fani Nurazmi. 2022. Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot dalam Buku “Koleksi Humor Gus Dur Paling Nyeleneh” Karya Guntur Wiguna Sebagai Alternatif Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X. Pada kurikulum 2013 revisi peserta didik dituntut untuk menguasai semua jenis teks. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu teks anekdot, tepatnya pada kompetensi dasar menelaah struktur isi dan kaidah kebahasaan. Penelitian yang penulis lakukan memiliki tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks anekdot dalam buku Kumpulan Humor Gus Dur Paling Nyeleneh karya Guntur Wiguna dijadikan sebagai alternatif bahan ajar untuk siswa kelas X. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskrptif kualitatif. Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks anekdot yang terdapat pada buku “Koleksi Humor Gus Dur Paling Nyeleneh” karya Guntur Wiguna dijadikan sebagai alternatif bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X. Kriteria teks anekdot yang dapat dijadikan alternatif bahan ajar untuk kelas X yaitu sesuai dengan KI dan KD, sesuai dengan tingkat keterbacaan untuk peserta didik kelas X, kemudian terdapat struktur isi yaitu abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda. Kemudian memuat kaidah kebahasaan yaitu kata ganti orang, keterangan waktu, kata kerja material, dan konjungsi. Berdasarkan kriteria tersebut, dari populasi sebanyak 122 teks, terdapat sampel sebanyak 8 teks yang penulis analisis untuk dijadikan alternatif bahan ajar untuk kelas X. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini bisa diterima. Artinya sampel yang digunakan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 08:14 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6719 |
Actions (login required)
View Item |