PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN ISI SERTA MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al- Abror Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Cahyani, Nia Regita (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN ISI SERTA MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al- Abror Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Nia Regita Cahyani. 2021. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kebahasaan dan Isi serta Menyajikan Rangkuman Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Abror Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 revisi merupakan pembelajaran yang berbasis teks. Artinya peserta didik tidak hanya menggunakan bahasa sebagai alat berkomunikasi saja, tetapi juga sebagai sarana pengembangan dalam kemampuan berpikir. Salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII yaitu teks laporan hasil observasi. Pengaplikasian Kurikulum 2013 revisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang berbasis teks menjadi bekal bagi peserta didik untuk berada di lingkungan sosial. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas karena bermaksud memberi perlakuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yang akan penulis laksanakan ini yaitu peserta didik kelas VII MTs Al- Abror Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Perolehan data peserta didik yang nilainya masih di bawah KKB pada siklus kesatu dalam kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan isi sebanyak 12 orang (37,5%). Sedangkan dalam kemampuan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi peserta didik yang nilainya di bawah KKB sebanyak 15 orang (47,9%). Lalu, pada siklus kedua, nilai yang diperoleh oleh peserta didik mengalami peningkatan dalam kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan isi teks laporan hasil observasi peserta didik yang mencapai KKB sebanyak 32 orang (100%). Kemudian, peserta didik yang nilainya sudah mencapai KKB dalam kemampuan menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi sebanyak 32 orang (100%). Berdasarkan data yang diperoleh dapat diartikan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII MTs AlAbror Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dalam pembelajaran menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan isi serta menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi. Dengan begitu, penelitian ini menjawab rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis yang diajukan oleh penulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:14
Last Modified: 14 Sep 2022 08:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item View Item