PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

HAYATI, HUSNUL (2021) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN s.d DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK HUSNUL HAYATI. 2021. PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan strategi pembelajaran menggunakan Instagram pada materi aritmetika sosial. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara dan kuesioner penilaian kualitas media, kualitas materi, respon peserta didik, dan kualitas instruksional. Sumber data penelitian terdiri dari dua ahli media, dua ahli materi, responden, dan satu ahli instruksional (observer). Hasil dari penelitian ini berupa strategi pembelajaran menggunakan Instagram dengan nama akun @guruku99 pada materi aritmetika sosial. Kelayakan strategi pembelajaran pada penilaian kualitas media yaitu 87,5% dengan kategori sangat layak. Penilaian kualitas materi yaitu 92,9% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, penilaian respon peserta didik dan kualitas instruksional terhadap strategi pembelajaran menggunakan Instagram masing-masing mendapatkan hasil kelayakan 84,3% dan 91,8% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan Instagram sangat layak digunakan pada materi aritmetika sosial. Kata kunci: pengembangan strategi pembelajaran, Instagram, aritmetika sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:06
Last Modified: 12 Sep 2022 07:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6697

Actions (login required)

View Item View Item