QALZUM, SHEILLA ILLIANI (2021) INDONESIAN STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH USING SKYPE AS A SYNCHRONOUS ONLINE LEARNING PLATFORM: A VIEW FROM SELF DETERMINATION THEORY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (122kB) |
|
Text
5-ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DEKAN DAN KAPRODI.pdf Download (54kB) |
|
Text
9-TABLE OF CONTENTS.pdf Download (146kB) |
|
Text
13-CHAPTER 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
14-CHAPTER 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
15-CHAPTER 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
16-CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
17-CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
18-REFERENCES.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAK SHEILLA ILLIANI QALZUM. 2021. Indonesian Students’ Motivation in Learning English Using Skype as Synchronous Online Learning Platform: A View from Self-Determination Theory. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pandemi virus corona di seluruh dunia menimbulkan tantangan baru bagi pendidikan tinggi termasuk peralihan dari pembelajaran tatap muka tradisional ke pembelajaran daring. Meskipun pembelajaran daring menawarkan kemudahan baru dan telah mendapatkan popularitas yang luar biasa, namun dampak pada motivasi siswa yang terkait dengan pembelajaran daring terkadang diabaikan. Penelitian ini melaporkan motivasi tiga siswa Indonesia dalam belajar Bahasa Inggris menggunakan Skype. Sebagai platform sinkron, Skype tidak banyak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris daring harian mereka. Yang menyebabkan mereka tidak terbiasa dengan platform. Mendasari teori determinasi diri oleh Deci dan Ryan (2000), studi kualitatif ini menyoroti motivasi siswa melalui kontinum dari teori determinasi diri. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk memperoleh data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar peserta memiliki motivasi ekstrinsik terutama dalam bentuk regulasi terpadu dimana hal itu terjadi ketika siswa menyadari dan mengenali jati dirinya sebagai seorang siswa. Kedua, sebagian siswa memiliki motivasi intrinsik dimana mereka merasa senang, nyaman dan secara inheren tertarik dengan proses pembelajaran dengan dukungan fitur Skype yang menyediakan aksesibilitas, keterjangkauan, fleksibilitas. Menghasilkan peningkatan daya dorong internal siswa untuk belajar Bahasa Inggris menggunakan Skype. Temuan terakhir menunjukan bahwa tidak semua siswa memiliki motivasi. Salah satu peserta kemungkinan kurang berminat untuk belajar Bahasa Inggris menggunakan Skype terutama karena tidak adanya interaksi tatap muka, merasa kurang diawasi, atau mengalami masalah teknis yang pada akhirnya menurunkan tingkat motivasinya. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Daring, Skype, Teori Determinasi Diri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:35 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6688 |
Actions (login required)
View Item |