SYA’BAN, DWIKI NOER (2021) ANALISIS BERPIKIR PSEUDO PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TTD.pdf Download (4MB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (4MB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK DWIKI NOER SYA’BAN. 2021. ANALISIS BERPIKIR PSEUDO PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir pseudo peserta didik dalam menyelesaiakan soal pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis soal tes pemecahan masalah matematika dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, soal tes pemecahan masalah matematika yang terdiri dari satu soal. Sumber data yang digunakan bertempat di SMP Terpadu Darussalam, pelaku dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dan aktivitas yang dilakukan adalah peserta didik menyelesaikan soal tes pemecahan masalah matematika dilanjutkan dengan wawancara secara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua subjek penelitian yang dianalisis lebih mendalam dengan eksplorasi. Kedua subjek tersebut mengalami atau berada pada kondisi berpikir pseudo dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi bangun datar. Subjek pertama berada pada kondisi berpikir pseudo benar karena subjek mampu menyelesaikan soal tes dengan tepat, namun setelah dieksplorasi subjek tidak bisa memberikan justifikasi atau alasan dengan tepat dari jawaban yang telah dikerjakan. Subjek kedua berada pada kondisi berpikir pseudo salah karena subjek keliru dalam menyelesaikan soal tes, namun setelah dilakukan refleksi oleh peneliti subjek menyadari dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Kata kunci: Berpikir Pseudo, Soal Pemecahan Masalah Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:34 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6675 |
Actions (login required)
View Item |