ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

YULIANAH, LIA (2021) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER_Lia.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK_Lia.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_Lia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR_Lia.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I_Lia.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II_Lia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III_Lia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB IV_Lia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_Lia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Lia.pdf

Download (639kB)

Abstract

ABSTRAK LIA YULIANAH. 2021. Analisis Kemandirian Belajar dan Literasi Matematis Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Self-Efficacy. Program Studi Magister Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar dan literasi matematis peserta didik pada pembelajaran daring ditinjau dari self-efficacy, serta keterkaitan antara kemandirian belajar dengan literasi matematis peserta didik pada pembelajaran daring ditinjau dari self-efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method dengan desain penelitian sequential exploratory design. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 1 Ciawigebang tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 36 siswa yang kemudian dipilih 6 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket self-efficacy yang kemudian dikelompokkan pada kategori tinggi, sedang dan rendah dengan masing-masing kategori dipilih 2 siswa. Peserta didik tersebut yang kemudian menjadi subjek dalam penelitian ini, yang selanjutnya diberikan angket kemandirian belajar, soal literasi matematis dari PISA, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik dengan selfefficacy tinggi memiliki kemandirian belajar yang tinggi, peserta didik dengan selfefficacy sedang memiliki kemandirian belajar yang sedang, dan peserta didik dengan self-efficacy rendah memiliki kemandirian belajar yang rendah. Peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi mampu menyelesaikan soal literasi matematis pada indikator merumuskan, menggunakan dan menafsirkan, namun tidak lengkap dan sistematis. Peserta didik yang memiliki self-efficacy sedang mampu menyelesaikan soal literasi matematis level 1 pada indikator merumuskan secara tepat, lengkap dan sistematis. Peserta didik dengan self-efficacy rendah tidak mampu menyelesaikan soal literasi matematis secara tepat, lengkap dan sistematis. Terdapat keterkaitan antara kemandirian belajar dengan kemampuan literasi matematis peserta didik dimana keduanya berbanding lurus dengan tingkat asosiasi yang rendah. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Literasi Matematis, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:33
Last Modified: 09 Sep 2022 08:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item