SOPIAH, OPI (2022) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
CAVAR.pdf Download (84kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK OPI SOPIAH. 2022. Analisis Pemecahan Masalah Matematika Nalaria Realistik (MNR) Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemecahan masalah Matematika Nalaria Realistik (MNR) siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan siswa yang berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah MNR dan wawancara, instrumen yang digunakan peneliti adalah tes pemecahan masalah MNR. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-K SMP Negeri 5 Tasikmalaya dengan subjek penelitian sebanyak 2 orang yaitu 1 orang jenis kelamin laki-laki dan 1 orang jenis kelamin perempuan yang mampu menyelesaikan pemecahan masalah MNR terlepas dari jawaban yang diberikan benar atau salah serta subjek tersebut mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah MNR setelah terpilih subjek penelitian maka dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam lagi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemecahan masalah MNR siswa yang berjenis kelamin laki-laki (SL1) dalam menulis diketahui dan ketika melakukan perhitungan tidak teliti dan rinci, ketika bernalar menghasilkan 6 solusi alternatif jawaban. Maka SL1 menggambarkan karakteristik intelektual bahwa laki-laki dalam menyelesaikan pemecahan masalah MNR lebih unggul dalam penalaran. Sedangkan pemecahan masalah MNR siswa yang berjenis kelamin perempuan (SP6) dalam menulis diketahui dan ketika melakukan perhitungan teliti dan rinci, ketika bernalar menghasilkan 5 solusi alternatif jawaban. Maka SP6 menggambarkan karakteristik intelektual bahwa perempuan dalam menyelesaikan pemecahan masalah MNR lebih unggul dalam ketepatan dan ketelitian. Kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah, Matematika Nalaria Realistik (MNR), Jenis Kelamin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6602 |
Actions (login required)
View Item |