PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

PERMATASARI, NURI (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Survey Terhadap Peserta Didik Kelas X dan XI IPS di SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Judul.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi masalah hasil belajar peserta didik kelas X dan XI IPS masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ditunjang dengan metode penelitian yang digunakan yaitu survei, dengan populasi sebanyak 340 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah 181 peserta didik kelas X dan XI IPS SMAN 6 Tasikmalaya. Data diperoleh langsung melalui kuesioner, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji t (parsial) dan uji F (sinultan). Adapun hasil pengujian dengan uji t yang pertama diperoleh = 3,343 > = 1,97338 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Uji t yang kedua diperoleh = 3,349 > = 1,97338 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Dan hasil perhitungan dengan uji F diperoleh = 34,513 > 3,05 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Serta hasil koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,279. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen hasil belajar peserta didik sebesar 27,9% dan sisanya 72,1% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Kemandirian Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:57
Last Modified: 30 Aug 2019 07:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item