NURBANI, RISA KHOERUNNISA (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VII A SMP IT Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya Tahun 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (46kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - Copy.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Risa Khoerunnisa Nurbani. 142121210. Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair An Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas VII A SMP IT Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya Tahun 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP. Fakta di SMP IT Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM, yaitu dalam kompetensi dasar tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah Dapatkah model pembelajaran Think Pair and Share meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik kelas VII A SMP IT Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan adalah pembelajaran melalui siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkata n kemampuan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil pembelajaran dari siklus I ke pada siklus II. Hal tersebut dapat dibuktikan pada materi mengidentifikasi isi prosedur siklus I peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 orang (41%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 19 orang (59%). Pada siklus II nilai yang diperoleh semua peserta didik 100% sudah mencapai KKM. Sedangkan pada materi menyimpulkan isi teks prosedur pada siklus I peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 10 orang (31%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 22 orang (69%). Pada siklus II nilai yang diperoleh semua peserta didik 100% sudah mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur pada peserta didik Kelas VII A SMP IT Daarul Falaah Sukaratu Tasikmalaya tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6588 |
Actions (login required)
View Item |