ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK

FIKRIA, NURUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CAVAR.pdf

Download (259kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

ABSTRAK NURUL FIKRIA. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran proporsional ditinjau dari self confidence peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini melibatkan 3 peserta didik kelas VII-B di SMP Negeri 3 Tasikmalaya yang mewakili masing-masing kategori self confidence tinggi, sedang, dan rendah yang mampu menyelesaikan soal penalaran proporsional sesuai indikator kemampuan penalaran proporsional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket self confidence peserta didik, tes kemampuan penalaran proporsional, kemudian subjek terpilih di wawancara untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kemampuan penalaran proporsional peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan penalaran proporsional peserta didik pada kategori self confidence tinggi mampu menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan penalaran proporsional dengan memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran proporsional; 2) kemampuan penalaran proporsional peserta didik pada kategori self confidence sedang masih keliru dalam berpikir relatif untuk membuat konsep dan strategi penyelesaian berdasarkan konsep multiplikatif dalam menyelesaikan masalah yang mengandung situasi proporsional; dan 3) kemampuan penalaran proporsional peserta didik pada kategori self confidence rendah hanya mampu memahami kovariasi dengan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang disajikan. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Proporsional, Self Confidence Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:26
Last Modified: 09 Sep 2022 08:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6552

Actions (login required)

View Item View Item