SOPIAH, DINI SITI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
CAVAR.pdf Download (82kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK DINI SITI SOPIAH. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematris Peserta Didik Ditinjau Dari Habits of Mind. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari habits of mind dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksploratif. Metode eksploratif bertujuan untuk menggali informasi secara mendalam mengenai kemampuan komunikasi peserta didik ditinjau dari habits of mind. Subjek dalam penelitian ini diambil dari masing-masing kriteria habits of mind tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah memberikan angket habits of mind, memberikan tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara untuk mengatahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan indikator written text, drawing dan mathematical expression. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, angket habits of mind, soal kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Mu’min Mashum kelas VIII. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: peserta didik dengan habits of mind tinggi (S4-T) mampu memenuhi indikator written text dengan aspek menuliskan apa yang diketahui, ditanyakan, penyelesaian soal yang lengkap, kesimpulan dengan bahasa sendiri. Indikator Drawing dengan aspek menjelaskan apa yang termaksud dalam poster serta membuat grafik. Indikator mathematical expression dengan aspek menuliskan model matematika dan strategi penyelesaian. Peserta didik dengan habits of mind sedang (S21-S) mampu memenuhi indikator written text dengan aspek menuliskan apa yang diketahui, ditanyakan, penyelesaian soal yang lengkap. Indikator mathematical expression dengan aspek menuliskan model matematika dan strategi penyelesaian. Peserta didik dengan habits of mind rendah (S24-R) mampu memenuhi indikator written text dengan aspek menuliskan apa yang diketahui, ditanyakan. Indikator mathematical expression dengan aspek menuliskan model matematika. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Eksploratif, Habits of Mind
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6547 |
Actions (login required)
View Item |