ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) TINGKAT SMA DITINJAU DARI DOMAIN LITERASI MATEMATIS PISA

SALLAMAH, RAIHANA DIEN (2022) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) TINGKAT SMA DITINJAU DARI DOMAIN LITERASI MATEMATIS PISA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK RAIHANA DIEN SALLAMAH. 2022. Analisis Butir Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tingkat SMA Ditinjau dari Domain Literasi Matematis PISA. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal simulasi AKM 2021 di tingkat SMA ditinjau dari domain dan level/tingkatan literasi matematis menurut PISA serta mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik SMA dalam mengerjakan soal simulasi AKM 2021 ditinjau dari proses literasi matematis menurut PISA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan pengumpulan dokumen berupa soal simulasi AKM tingkat SMA tahun 2021 dan pemberian tes menggunakan soal AKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa: 1) Berdasarkan domain konten, proses, dan konteks, distribusi soal AKM tingkat SMA menunjukkan tidak sesuai dengan distribusi PISA yang seharusnya. 2) Berdasarkan level/tingkatan literasi matematis PISA, soal AKM-numerasi tingkat SMA memenuhi dalam level 1-4 tetapi tidak terdapat soal yang memenuhi level 5 dan 6. 3) Pada proses formulate, peserta didik dengan kemampuan tinggi menunjukkan belum mampu menyelesaikan soal dengan benar, peserta didik dengan kemampuan sedang menunjukkan mampu menyelesaikan soal dengan benar, sedangkan peserta didik dengan kemampuan rendah menunjukkan belum mampu menyelesaikan soal dengan benar; Pada proses employ, peserta didik dengan kemampuan tinggi menunjukkan mampu menyelesaikan soal dengan benar, peserta didik dengan kemampuan sedang menunjukkan belum mampu menyelesaikan soal dengan benar, sedangkan peserta didik dengan kemampuan rendah menunjukkan mampu menyelesaikan soal dengan benar; Pada proses interpret, peserta didik dengan kemampuan tinggi menunjukkan mampu menyelesaikan soal dengan benar, peserta didik dengan kemampuan sedang menunjukkan mampu menyelesaikan soal dengan benar, sedangkan peserta didik dengan kemampuan rendah menunjukkan belum mampu menyelesaikan soal dengan benar. Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Matematis, Domain PISA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:24
Last Modified: 09 Sep 2022 08:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item