Puspita, Nafa (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (291kB) |
|
Text
11. BAB III baruuu.pdf Download (553kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan model role playing dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IIS. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa keduanya tersebut memiliki data yang berdistribusi normal dan varians homogeny, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji independent sampel ttest serta effect size . Dari hasil pengujian uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test serta effect size uji hipotesis menunjukan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Maka model pembelajaran role playing dengan menggunakan alat peraga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa di MAN 3 Kota Tasikmalaya dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai mean defference sebesar 0,08115 atau meningkat sebesar 0,8%. Keefektifan dari model pembelajaran role playing dibuktikan dengan diperoleh nilai effect size sebesar 0, 861atau 86,1% nilai tersebut berkategori sangat besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 07:53 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 07:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/653 |
Actions (login required)
View Item |