NGASTUTI, MELLA TRI (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 KOTA CIREBON (Survei terhadap peserta didik kelas X dan XI jurusan IPS tahun ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK MELLA TRI NGASTUTI. (2022). Skripsi. Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Dan Implikasinya Pada Prestasi Belajar Peserta Didik Sma Negeri 8 Kota Cirebon (Survei Terhadap Peserta Didik Kelas X Dan XI Jurusan IPS Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Heti Suherti, M.M dan Edi Fitriana Afriza,M.M. Masalah dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar yang berimplikasi terhadap prestasi belajar peserta didik yang cenderung menurun di tengah pandemi COVID-19 hal ini terjadi karena sistem belajar mengajar yang belum normal seperti dulu. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa survei dengan desain eksplanatori ,Populasi penelitian merupakan peserta didik kelas X dan XI IPS SMA Negeri 8 Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 349 orang, dilakukan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 187 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data berupa analisis jalur atau Path Analysis. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa gaya belajar dan lingkungan keluarga menunjukan pengaruh terhadap motivasi belajar, gaya belajar dan lingkungan keluarga pun menunjukkan pengaruh terhadap prestasi belajar dan adanya pengaruh dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Selanjutnya berdasarkan analisis jalur atau Path Analysis berupa pengaruh langsung didapati hasil gaya belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar memiliki signifikansi kurang dari 0,05 (Sig < 0,05) maka H0 ditolak, begitupun dengan gaya belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar memiliki signifikansi kurang dari 0,05. Kata Kunci : Gaya Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi, Prestasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:22 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |