EEFISIENSI PEMASARAN BUAH DUKU DESA KARANGAMPEL KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

PUTRA, FEBRY RIZKI (2021) EEFISIENSI PEMASARAN BUAH DUKU DESA KARANGAMPEL KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2. COVER DALAM.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK EFISIENSI PEMASARAN BUAH DUKU DESA KARANGAMPEL KECAMATAN BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS Oleh : FEBRY RIZKI PUTRA NPM 155009038 Dosen Pembimbing RIANTIN HIKMAH WIDI CANDRA NURAINI Penelitian ini bertujuan mengkaji saluran dan fungsi pemasaran, biaya, keuntungan dan marjin pemasaran, dan efisiensi saluran pemasaran Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive di Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan jumlah responden yang diperoleh melalui proses bergulir sebanyak 19 orang dari lembaga pemasaran pengumpul, pedagang besar, dan pengecer di Pasar Kabupaten Ciamis dan Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Saluran Pemasaran dan Fungsi-Fungsi Pemasaran, Analisis Biaya, Keuntungan dan Marjin Pemasaran, dan Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan responden pengumpul sebanyak 5 orang, pedagang besar 2 orang, dan pengecer 12 orang. Semua responden berada pada usia produktif sekitar 15-64 tahun. Tingkat pendidikan SMA. Jumlah Anggota Keluarga berkisar 3-4 Orang. Pengalaman pemasaran Buah Duku berkisar 11-15 tahun. Berdasarkan Analisis Saluran Pemasaran terdapat 3 saluran pemasaran yaitu tingkat 1 (petanipengumpul-konsumen), tingkat 2 (petani-pengumpul-pengecer-konsumen), dan tingkat 3 (petani-pengumpul-pedagang besar-pengecer-konsumen). Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, penanggungan risiko, dan informasi pasar. Biaya tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe 1. Biaya terendah yaitu pada saluran tingkat 2. Keuntungan tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe 1. Keuntungan terendah yaitu pada saluran tingkat 1. Margin yang tertinggi yaitu pada saluran tingkat 3 tipe I dan tipe II. Margin terendah yaitu pada saluran tingkat 1. Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran tingkat 2 dan saluran pemasaran yang paling tidak efisien yaitu saluran tingkat 3 tipe I. Kata Kunci : Buah Duku, Efisiensi Saluran Pemasaran, Desa Karangampel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:22
Last Modified: 09 Sep 2022 08:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6508

Actions (login required)

View Item View Item