Sintia, Anis (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Al-Ittihad Selaawi Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-COVER SKRIPSI.pdf Download (103kB) |
|
Text
2-ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
3-LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
4-KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (317kB) |
|
Text
5-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (211kB) |
|
Text
6-BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text
7-BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
Text
8-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
9-BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
10-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Anis Sintia, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Teks Eksplanasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Al-Ittihad Selaawi Tahun Ajaran 2020/2021), Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu teks yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs kelas VIII adalah teks eksplanasi. Secara tersurat dalam kurikilum 2013 revisi dinyatakan bahwa menelaah dan menyajikan teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan proses pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dan kreatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Plus Al-Ittihad Selaawi dalam menelaah dan menyajikan teks eskplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Plus Al-Ittihad Selaawi yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 65. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest dan postest kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kemampuan menelaah struktur teks eksplanasi di kelas eksperimen sebesar 61,41 sedangkan di kelas kontrol sebesar 60,5 dan rata-rata nilai postest kemampuan menelaah struktur teks eksplanasi di kelas eksperimen sebesar 91,14 sedangkan di kelas kontrol sebesar 86,05. Nilai pretest kemampuan menyajikan teks eksplanasi di kelas eksperimen sebesar 53,95 sedangkan di kelas kontrol sebesar 53,75, kemudian rata-rata nilai postest kemampuan menyajikan teks eksplanasi di kelas eksperimen sebesar 84,25 sedangkan di kelas kontrol sebesar 78,35. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas, diketahui nilai berdistribusi tidak normal, sehingga perhitungan dilanjutkan menggunakan uji Wilcoxon dengan tarif kesignifikanan (0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai W (hitung) = 0 < W (tabel) (0,01) = 49. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks ekspalanasi. Artinya, hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:09 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6482 |
Actions (login required)
View Item |