PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENILAI DAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI SECARA TERTULIS HAL-HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH YANG TERDAPAT DALAM TEKS BIOGRAFI YANG DIBACA (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021)

Ihza, Ersya Nurul 172121026 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENILAI DAN MENGUNGKAPKAN KEMBALI SECARA TERTULIS HAL-HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH YANG TERDAPAT DALAM TEKS BIOGRAFI YANG DIBACA (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. JUDUL.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Ersya Nurul Ihza. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menilai dan Mengungkapkan Kembali Secara Tertulis Hal-Hal yang dapat diteladani dari Tokoh yang Terdapat Dalam Teks Biografi Yang Dibaca (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas X adalah teks biografi. Kompetensi dasar yang berkaitan dengan teks biografi adalah Kompetensi Dasar 3.14 menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi dan 4.14 mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap kemampuan dan mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara dan tes. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di MAN 2 Kuningan tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X IPA 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest ke nilai rata-rata postest dalam kemampuan menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi dan mengungkapkan kembali secara tertulis hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 46,43 dan nilai rata-rata postest 84,28 dalam menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen 36,96 dan nilai rata-rata postest 83,11 dalam kemampuan mengungkapkan kembali secara tertulis hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 44,82 dan nilai rata-rata postest 83,11 dalam menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. Nilai ratarata pretest kelas kontrol 32,61 dan nilai rata-rata postest 80,36 dalam kemampuan mengungkapkan kembali secara tertulis hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi. Setelah data nilai kedua kelompok dihitung secara statistika menggunakan uji normalitas kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga data yang dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel 0,01 (28) = 7,81. Hal ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran Student Team Achievement Division berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menilai dan mengungkapkan kembali secara tertulis hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi. Artinya, hipotesis penelitian penulis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:47
Last Modified: 28 Jul 2022 04:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6448

Actions (login required)

View Item View Item