ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI TWO-TIER TEST

LESTARI, SYIFA (2022) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI TWO-TIER TEST. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK SYIFA LESTARI. 2021. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Two-Tier Test. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi pertidaksamaan linear satu variabel melalui two-tier test dan menganalisis penyebab miskonsepsi peserta didik dalam materi pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengambilan datanya menggunakan two tier test. Teknik pengumpulan data berupa tes pertidaksamaan linear satu variabel dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes pertidaksamaan linear satu variabel dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bantarkalong berjumlah 32 orang. Selanjutnya dari 32 orang subjek penelitian diambil 7 subjek yang dapat diwawancara dengan baik terkait dengan hasil pekerjaan soal tes pertidaksamaan linear satu variabel. Setelah itu penelitian mengambil kembali 3 orang peserta didik yang dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik pada subjek SM4, SM5 dan SM16 melakukan pada indikator Memberikan klasifikasi contoh-contoh yang salah tentang konsep, pemakaian konsep yang kurang tepat, penafsiran konsep yang kurang sesuai dengan makna konsep, pengertian yang tidak akurat terhadap konsep dan menerapkan konsep secara tidak tepat (2) Faktor penyebab miskonsepsi peserta didik diantaranya yaitu efek pembelajaran daring, kurangnya pemahaman peserta didik terhadap konsep persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, pembelajaran topik Persamaan Linear Satu Variabel menjadi titik tolak dari pembelajaran topik Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, peserta didik kurang berlatih soal-soal yang memuat bentuk aljabar yang memiliki koefisien berupa bilangan desimal, dan soal-soal kontekstual hanya diberikan sebagai aplikasi dari topik Pertidaksamaan Linear Satu variabel. Kata Kunci: Miskonsepsi, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Two Tier Test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:31
Last Modified: 28 Jul 2022 04:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item