PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN KUDANG KABUPATEN TASIKMALAYA

LESTARI, WIDYA AYU (2021) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN KUDANG KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, TABEL,GB.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN KUDANG KABUPATEN TASIKMALAYA Widya Ayu Lestari1) , Nina Herlina2) , Gary Raya Prima3) 123Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No.24 Tasikmalaya Jawa Barat, Indonesia. E-mail: widyaayulestari11@gmail.com ABSTRAK Jalan Kudang merupakan salah satu bagian wilayah Kabupaten yang tingkat pertumbuhannya cukup pesat, wilayah tersebut dikenal sebagai daerah perdagangan dengan aktivitas cukup tinggi. Hambatan samping pada ruas jalan ini adalah pengalihfungsian trotoar atau badan jalan menjadi tempat usaha pedagang kaki lima, kendaraan yang keluar masuk jalan umum menyebabkan menurunnya kecepatan arus lalu lintas dan kapasitas jalan yang dapat menimbulkan kemacetan. Aktivitas dari hambatan samping yang sangat tinggi pada ruas jalan Kudang mempengaruhi kapasitas pada ruas jalan tersebut. Analisis pada hambatan samping, arus lalu lintas, kapasitas dan kinerja jalan dilakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Dalam penelitian ini pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Program yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari masalah lalu lintas yang ada pada ruas jalan Kudang dengan menggunakan aplikasi PTV Vissim 9.00-05 versi student. Dari hasil penelitian diperoleh hambatan samping tertinggi pada hari rabu 04 November 2020 di sore hari yaitu jam 16:00-17:00 sebesar 1720,75 kejadian/100m/jam, volume kendaraan tertinggi sebesar 1325,3 skr/jam dengan nilai kapasitas jalan tersebut 2728 skr/jam sehingga diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 0,84971, hasil dari derajat kejenuhan tersebut menunjukkan jalan Kudang dengan kategori tingkat pelayanan D. Solusi yang dibuat dalam pemodelan PTV Vissim diantaranya yaitu dengan menerapkan jembatan penyeberangan orang (JPO) dan pemberlakuan pembatasan jam masuk kendaraan. Dari solusi yang dibuat pada pemodelan di PTV Vissim kinerja pada ruas jalan tersebut menghasilkan perubahan, yang semula tingkat pelayanannya D berubah menjadi C. Kata Kunci : Hambatan Samping, Jalan, PKJI 2014, PTV Vissim, Transportasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:08
Last Modified: 19 Jul 2022 07:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item