PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI (Penelitian tindakan kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Fauzan, Mulkan Aulia (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI (Penelitian tindakan kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (151kB)
[img] Text
5. Kata pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I PENDAHULIAN Revisi 2.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. BAB II Revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
8. BAB III OJAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
9. BAB IV Revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V Revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Mulkan Aulia Fauzan, 2020, Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Teks Cerita Fantasi dan Menceritakan Kembali Teks Cerita Fantasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020), Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dipelajari peserta didik adalah teks cerita fantasi. Masih banyak peserta didik kelas VII SMPN 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 yang belum mampu mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi dan menceritakan kembali teks cerita fantsi sehingga masih banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran STAD meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi dan menceritakan kembali teks cerita fantsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi, dan wawancara. Hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020 dan mendapatakan informasi dari Dra. Hj. Iis Suningarsih yang merupakan salah satu guru Bahasa Indonesia, pada K.D 3.3 tentang mengidentifikasi unsur cerita fantasi terdapat 17 orang peserta didik (59%) yang belum mencapai KKM dan 12 orang peserta didik (41%) yang mencapai KKM. Pada K.D 4.3 tentang menceritakan kembali teks cerita fantasi terdapat 15 orang peserta didik (52%) yang belum mencapai KKM dan 14 orang peserta didik (48%) yang mencapai KKM. Hasil pengolahan data pada siklus kesatu dalam mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi terdapat 20 orang peserta didik (69%) yang belum mencapai KKM dan 9 orang peserta didik (31%) yang sudah mencapai KKM. Pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks cerita fantasi siklus satu terdapat 18 orang peserta didik (62%) yang belum mencapai KKM dan 11 orang peserta didik (38%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua dalam mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi semua peserta didik (100%) mencapai KKM. Pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks cerita fantasi semua peserta didik (100%) mencapai KKM. Hasil statistika, data kemampuan mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi dan menceritakan kembali teks cerita fantasi pada siklus kesatu dan siklus kedua diperoleh bahwa nilai W (hitung) = 0 < W (tabel) = 98.38. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur teks cerita fantasi dan menceritakan kembali teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:22
Last Modified: 19 Jul 2022 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item