Ahmad, Dhika FS (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL DALAM MEDIA INDONESIA EDISI DESEMBER 2020 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA/SMK/MAK (Penelitian Deskriptif Analitis Terhadap Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Editorial dalam Media Indonesia Edisi Desember 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01_Cover.pdf Download (195kB) |
|
Text
04_Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
03_Lembar Pengesahan.pdf Download (450kB) |
|
Text
05_KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
06_BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
07_BAB II.pdf Download (496kB) |
|
Text
08_BAB III.pdf Download (702kB) |
|
Text
09_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
10_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
ABSTRAK Dhika FS Ahmad. 2022. Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Editorial dalam Media Indonesia Edisi Desember 2020 sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Editorial Pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Penelitian Deskriptif Analitis Terhadap Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Editorial dalam Media Indonesia Edisi Desember 2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Teks editorial merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XII. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa peserta didik masih belum memahami mengenai struktur dan seringkali tertukar mengenai kebahasaan dalam teks editorial. Kemudian, untuk menjelaskan secara rinci mengenai struktur dan kaidah kebahasaan teks editorial ketika pembelajaran secara daring sangat sulit karena pembelajarannya dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Permasalahan tersebut semakin sulit diatasi di tengah pandemi Covid-19 sebab pembelajaran dilaksanakan dengan sistem blended learning. Artinya pembelajaran dilaksanakan secara luring dan daring yang mengakibatkan interaksi pendidik dan peserta didik terbatas sehingga ketika pembelajaran teks editorial pendidik belum menemukan bahan ajar atau teks yang sesuai dengan sistem pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan serta kelayakan teks editorial yang terdapat dalam Media Indonesia edisi Desember 2020 untuk dijadikan alternatif bahan ajar teks editorial di kelas XII SMA/MA/SMK/MAK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 teks editorial, sedangkan sampel penelitian sebanyak 7 teks editorial. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposif. Artinya dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti tingkat keterbacaan wacana, kelengkapan struktur dan kaidah kebahasaan, dan tema atau topik yang dibahas serta keberagaman literasi ilmu pengetahuan dalam teks tersebut dengan disesuaikan dan kondisi peserta didik. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berupa modul yang diuji kelayakan kepada praktisi pendidikan dan uji coba ke peserta didik kelas XII. Hasil validasi teks editorial memperoleh rata-rata skor dengan presentase 96,7% (sangat valid). Sementara itu, hasil validasi modul memperoleh rata-rata skor dengan presentasi 96,52% (sangat valid). Artinya, teks dan modul yang telah penulis analisis dan susun sudah layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks editorial bagi peserta didik kelas XII SMA/MA/SMK/MAK.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6376 |
Actions (login required)
View Item |