RESTI, DEVI (2022) ANALISIS PENERAPAN SISTEM DIGITAL MARKETING BERBASIS SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI BUAH SAWO KAMPUNG PASIR GANAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover devi.pdf Download (357kB) |
|
Text
BAB I devi.pdf Download (206kB) |
|
Text
BAB II devi.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB III devi.pdf Download (79kB) |
|
Text
BAB IV devi.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
Text
BAB V devi.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA devi.pdf Download (45kB) |
Abstract
ABSTRAK Devi Resti.2022. Analisis Penerapan Sistem Digital Marketing Berbasis Sosial Media Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Buah Sawo Kampung Pasir Ganas Desa Kubangsari Cikalong. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Penerapan sistem digital marketing berbasis sosial media yang dilakukan oleh petani buah sawo dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa indikator dalam digital marketing. Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa indikator dalam digital marketing diantaranya jumlah pengunjung, pengguna yang terhubung dengan bisnis itu sendiri dan membangun hubungan antara penjual dengan pembeli. Adapun rumusan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana penerapan sistem digital marketing berbasis sosial media yang dilakukan oleh petani? 2) Bagaimana dampak dari penerapan sistem digital marketing berbasis sosial media terhadap pendapatan petani?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan sistem digital marketing dan dampak dari penerapan sistem digital marketing dalam meningkatkan pendapatan petani. Dalam penelitian ini menggunakan teori indikator digital marketing yang terdiri dari traffic, coversion dan engagement, dampak dari digital marketing, pemasaran dalam Islam dalam mengetahui penerapan sistem digital marketing berbasis sosial media dalam meningkatkan pendapatan petani buah sawo kampung Pasir Ganas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai penerapan sistem digital marketing yang dilakukan oleh petani buah sawo kampung Pasir Ganas Desa Kubangsari Cikalong. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem digital marketing dapat meningkatkan pendapatan petani. Hal itu disebabkan karena adanya beberapa indikator digital marketing yang diterapkan oleh petani diantaranya traffic, coversion dan engagement. Dalam membangun jumlah pengunjung (traffic) petani membuat konten foto yang di posting di media sosial. Dengan konten tersebut ternyata mampu meningkatkan daya tarik konsumen terhadap buah sawo. Dalam mempermudah berkomunikasi dengan pelanggan (coversion), petani memberikan informasi kontak dan mencantumkannya di media facebook dengan begitu pembeli bisa dengan mudah menghubungi petani. Selain itu, dalam membangun hubungan yang baik dengan para pelanggannya (engagement), petani biasanya selalu menanyakan review terkait buah sawo yang sudah dibeli pelanggannya, hal itu dilakukan supaya bisa menjadi bahan masukan bagi petani untuk ke depannya. Kata kunci: Digital marketing, Sosial Media, Indikator Digital Marketing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:14 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6352 |
Actions (login required)
View Item |