HILMI, ASEP IHSAN (2020) ANALISIS KOMPETENSI ACCOUNT OFFICER DAN MARKETING DI KSPPS TUNAS ARTHA MANDIRI SYARIAH CABANG SINGAPARNA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi tamat.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Asep Ihsan Hilmi, 2020, Analisis kompetensi account officer dan marketing di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Cabang Singaparna, Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Koperasi berperan penting dalam membantu anggotanya dengan memberikan pembiayaan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh koperasi. Namun pembiayaan yang diberikan oleh koperasi memiliki resiko sehingga diperlukan dukungan kompetensi yang harus dimiliki oleh bagian account officer dan marketing sehingga dapat meminimalisir pembiayaan yang diberikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana analisis kompetensi account officer dan marketing di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Singaparna? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: analisis kompetensi account officer dan marketing di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Singaparna. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan pengumpulan informasi melalui wawancara terhadap informan yang merupakan kepala dan bagian account officer dan bagian marketing pada KSPPS TAM Cabang Singaparna sebanyak 5 orang. Teknik analisa data menggunakan analisis kualitatif. Hasil Penelitian diperoleh bahwa: Account officer dan bagian marketing di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Singaparna belum memiliki sejumlah kompetensi yang menunjang dalam menyalurkan pembiayaan kepada anggota yang dimulai dari proses terjadi kontak pertama dengan anggota sampai dengan pencairan pinjaman dan pengawasan pembiayaan yang diberikan dengan tujuan kelancaran proses kredit tersebut dan sebagai langkah antisipatif koperasi untuk menghindari hal-hal yang menjadi ancaman bagi koperasi pada saat pembiayaan berjalan. Hal ini dikarenakan kurang disiplinnya account officer dalam melengkapi dokumen yang dibutuhkan, serta kurang memiliki pengetahuan tentang ketentuan koperasi syariah dan ketidaksesuaian antara pelaksanaan proses pemberian pembiayaan dengan standar operasional yang berlaku, kurangnya bagian marketing dalam menumbuhkan dan meningkatkan pembiayaan karena komunikasi pemasaran yang dilakukan belum dilakukan dengan baik Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi bagian account officer dan bagian marketing belum memiliki sejumlah kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya di KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah Singaparna. Kata Kunci : Kompetensi, account officer, dan marketing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6344 |
Actions (login required)
View Item |