PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa-siswi IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya)

Furwaningsih, Fauziah (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada Siswa-siswi IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover, Pengesahan, Keaslian.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Kata Pengantar, Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Masalah yang diteliti di dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Hal ini dilihat dari kurangnya semangat belajar siswa pada saat kegiatan belajar dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi kepustakaan dan penyebaran angket. Populasi yang diambil sebanyak 426 siswa IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Teknik yang digunakan dalam penentuan jumlah sampel yaitu teknik probability sampling, dengan taraf signifikasi 5% menjadi 206 siswa IPS SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Pengaruh lingkungan sosial sekolah mempunyai persamaan regresi Ŷ = 86,991 + 0,132 X artinya lingkungan sosial sekolah memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,132 kali. Dari hasil uji korelasi diketahui besarnya 0,112. Yang artinya lingkungan sosial sekolah berpengaruh “sangat rendah” terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sedangkan uji determinasi menghasilkan 1,2% dan uji non determinasi sebesar 98,8 %. Artinya terdapat peningkatan terhadap tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial sekolah sebesar 1,2 % sedangkan sisanya 98,8% dipengaruhi oleh faktor faktor lain. Selanjutnya uji hipotesis diperoleh thitung 1,576 dan ttabel 1,285695 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sosial sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Lingkungan Sosial Sekolah dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:32
Last Modified: 28 Aug 2019 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item