ANALISIS PROSES LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND

AULIA, SINTA DWI (2021) ANALISIS PROSES LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI HABITS OF MIND. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Ilmiah, dll.pdf

Download (962kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (874kB)

Abstract

ABSTRAK SINTA DWI AULIA. 2021. Analisis Proses Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Habits of Mind. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses literasi matematis peserta didik ditinjau dari Habits of Mind. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu satu orang peserta didik dari masing-masing kategori Self Regulation, Critical Thinking, dan Creative Thinking. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket, tes, dan wawancara. Instrumen yang diberikan berupa angket Habits of Mind dan soal tes proses literasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses Literasi Matematis peserta didik dengan Habits of Mind kategori Self Regulation (S27), proses yang dilalui yaitu proses merumuskan; menerapkan konsep, fakta dan prosedur matematika; kemudian proses menafsirkan hasil matematika. Perhitungan yang dikerjakan dari awal benar, namun kesimpulan yang diambil dari hasil akhir salah. (2) Proses Literasi Matematis peserta didik dengan Habits of Mind kategori Critical Thinking (S24), proses yang dilalui yaitu proses merumuskan; menerapkan konsep, fakta dan prosedur matematika; kemudian pada proses merumuskan; lalu kembali pada proses menerapkan konsep, fakta dan prosedur matematika; dan diakhiri dengan proses menafsirkan hasil matematika. Perhitungan yang dikerjakan dari awal benar, serta kesimpulan yang diambil dari hasil akhir benar. (3) Proses Literasi Matematis peserta didik dengan Habits of Mind kategori Creative Thinking (S10), proses yang dilalui yaitu proses menerapkan konsep, fakta dan prosedur matematika; proses merumuskan; kembali pada proses menerapkan konsep, fakta dan prosedur matematika; dan diakhiri dengan proses menafsirkan hasil matematika. Perhitungan yang dikerjakan dari awal benar meskipun terdapat perhitungan yang terlewat, namun kesimpulan yang diambil dari hasil akhir benar. Kata Kunci: Analisis, Proses Literasi Matematis, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:10
Last Modified: 15 Jul 2022 02:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item