Lesmana Sari, Elis (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 JATIWARAS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (192kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
10 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
|
Text
12 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (778kB) |
|
Text
13 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN repaired.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
14 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu masalah peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, hal ini berdampak pada pemahaman konsep belajar peserta didik yang dinilai masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mengenai pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantukan Media Video dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Populasinya sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 138 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 kelas terdiri dari kelas X IPS 1 (kelas kontrol) dan kelas X IPS 4 (kelas eksperimen). Sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep peserta didik pada materi perkoperasian. Tes ini berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data menunjukan terdapat peningkatan pemahaman konsep belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantukan media video di kelas X IPS 4 diperoleh rata – rata nilai posttest sebesar 85,60 dan model pembelajaran langsung di kelas X IPS 1 diperoleh nilai rata – rata posttest sebesar 79,13. Berdasarkan hasil uji t nilai Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,002 yaitu < 5% atau 0,05 dengan demikian ditolak. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantukan media video dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung sesudah perlakuan. Sehingga model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantukan media video lebih baik digunakan dalam pembelajaran materi perkoperasian di kelas X IPS SMA Negeri 1 Jatiwaras. Kata Kunci : Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Video, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 06:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 06:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |