PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGITIGA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS

SONJAYA, TIKA (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGITIGA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI 27 JULI 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK TIKA SONJAYA. 2021. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGITIGA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar cetak materi segitiga dengan menggunakan model discovery learning berbasis high order thinking skills. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model 4D yaitu define (pendifinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran) untuk menghasilkan bahan ajar dan metode kuantitatif untuk menghitung validitas, praktikalitas, dan realibilitas antar kelas. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner validitas bahan ajar dan kuesioner praktikalitas. Sumber data penelitian ini adalah empat ahli materi, dua ahli media, dua pendidik mata pelajaran matematika serta subjek penelitian yaitu empat peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar yang diperoleh berdasarkan materi secara keseluruhan sebesar 80,5% dengan kriteria cukup valid dan reliabilitas antar ahli materi mencapai 0,70 dinyatakan kuat, nilai validitas bahan ajar kegrafikan media keseluruhan sebesar 80% dengan kriteria cukup valid dan reliabilitas antar ahli media mencapai 0,76 dinyatakan kuat, nilai praktikalitas oleh dua guru 96% dengan kriteria sangat praktis dan reliabilitas antar pendidik mencapai 0,83 dinyatakan kuat, serta 76% nilai praktikalitas oleh peserta didik dengan kriteria praktis dan reliabilitas antar peserta didik mencapai 0,96 dinyatakan mendekati sempurna. Berdasarkan validasi dan praktis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi segitiga dengan menggunakan model discovery learning berbasis high order thinking skills layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, validitas, praktikalitas, reliabilitas antar ahli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:52
Last Modified: 07 Jul 2022 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item