PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA

MARTYANINGSIH, DWI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4.KATA PENGANTAR BARU.pdf

Download (198kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I AWAL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I SELANJUTNYA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II AWAL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II SELANJUTNYA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III AWAL.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III selanjutnya revisi.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB IV SELANJUTNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB V AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
BAB V SELANJUTNYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dibantu dengan media video dan model pembelajaran konvensional pada materi perdagangan internasional di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya sebanyak tiga kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 85 siswa. Sampel penelitian 56 orang siswa yang terdiri dari 28 siswa di kelas XI IPS 1 dan 28 siswa di kelas XI IPS 2. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling (dipilih berdasarkan kriteria tertentu). Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa kedua kelas memiliki data yang berdistribusi normal dan varians yang homogen, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test serta effect size. Dari hasil pengujian paired sample ttest menunjukan nilai Sig. (2-tailed) untuk kedua kelas memperoleh nilai sebesar 0,000 maka nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hₒ ditolak, kesimpulannya untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa setelah diberikan perlakuan. Untuk hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 hal tersebut menunjukan nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hₒ ditolak, kesimpulannya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui bantuan media video pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh effect size sebesar 0,67 untuk kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis sebesar 0,44, maka penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui media video pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model konvensional pada kelas kontrol. Kata Kunci: Based, Berpikir, Kreatif, Kritis, Learning, Problem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:26
Last Modified: 28 Aug 2019 06:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item