SUPRIATNA, MUHAMMAD ILHAM FAUZAN (2022) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA PERUSAHAAN ROTI MASTER BAKERY DI TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (42kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (11kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (12kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA PERUSAHAAN ROTI MASTER BAKERY DI TASIKMALAYA Oleh: MUHAMMAD ILHAM FAUZAN SUPRIATNA 173402199 Di Bawah Bimbingan: Prof. Dr. H. Kartawan, S.E., M.P. R. Lucky Radi Rinandiyana, S.E., M.Si. Perusahaan Roti Master Bakery merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan roti tawar. Permasalahan mendasar dalam perusahaan ini adalah terdapat produk yang rusak karena belum adanya sistem pengendalian kualitas yang memadai. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi jenis kerusakan, menganalisis penerapan metode Statistical Quality Control (SQC) dan merekomendasikan tindakan yang sebaiknya dilakukan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan mengolah data menggunakan metode SQC dilakukan tahapan diantaranya mengisi lembar pemeriksaan, membuat histogram, membuat diagram pareto, membuat dan menghitung peta kendali, membuat diagram sebab-akibat. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jenis kerusakan yaitu cacat gosong, cacat ukuran dan cacat kulit terkelupas. Hasil analisis dengan diagram sebab-akibat menunjukkan penyebab roti tawar kurang baik yaitu faktor tenaga kerja, metode, material dan mesin. Terlihat dari diagram pareto, jenis kerusakan produk lebih dominan pada cacat gosong sebesar 453 unit, hasil analisis peta kendali menunjukkan pengendalian kualitas di Perusahaan Master Bakery masih diluar batas kendali. Tindakan yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan yaitu membuat Standard Operating Procedure (SOP), modifikasi oven dengan menambahkan pengatur waktu dan suhu, menyediakan cetakan sesuai standar, memperhatikan bahan baku roti tawar dan melapisi cetakan dengan mentega agar cetakan tidak lengket. Kata kunci: Alat Bantu Statistik, Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6259 |
Actions (login required)
View Item |